Budaya Melayu

 BUDAYA MELAYU

 

1.      Pengertian Budaya Melayu

Merupakan bagian dari Asimilasi dan Akulturasi beragam budaya dari bentuk yang pernah singgah,menetap dan tinggal di daratan air kita.Salah satu kebudayaan yang berkembang dari proses di atas adalah kebudayaan melayu.Kebudayaan melayu merupakan secara turun-temurun di lakukan oleh masyarakat budaya melayu telah subur dan kental di tengah-tengah masyrakat indonesia.

Pengertian budaya melayu

-          uu Hamidy

Lebih menekankan pengertian budaya pada kita kerja,di samping kata benda

-          Ki Hajar Dewantara

Adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat,yakni Alam dan Zaman(kodrat dan masyarakat),yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup dan penghidupan

-          Koenjaranigrat

Sesuatu sistem gagasan dan rasa,tindakan,serta karya yang di hasilkan manusia dalam kehidupan bermsayarakat yang di jadikan miliknya dengan belajar.

-          Soekarno

Ciptaan hidup yang timbul dari manusia

-          Muhammad Hatta

Ciptaan hidup yang timbul dari suatu bangsa

-          STA

Penjelmaan cara pikir dari sekumpulan ,anusia pada satu tempat dan satu ruang.

-          KBBI

Pikiran akal budi atau adat istiadat,secara tata bahasa,pengertian budaya diturunkan dari kata budaya yang cenderung menunjuk pada pola pikir manusia.

Istilah melayu

-          Melayu merupakan bangsa yang besar.

-          Diantara fakta sejarah tersebut berkaitan dengan aspek Polotik,Agama serta bahasa dan sastra.

-          Istilah melayu terkadang selalu menjadi bahan ejekan

-          Penggunaan istilah melayu pertama sekali  pada 100-150 M,di dalam karya Potolemy

-          Istilah melayu berasal dari bahasa sanskerta,yaitu melayakan atau malaykurram.Maka istilah ini menunjukan pada tanjung kuantan semenanjung malaysia.

 

Tamadun Melayu

-          Tamadun bahasa Arab Maddana

-          Membangun sesuatu kota atau seseorang /masyarakat yang mempunyai peradaban

-          Keadaan hidup bermsyarakat yang bertambah maju.

-          Umran,Hadara,Madaniyah

 

Tamadun Melayu

-          Peradaban manusia yang lebih maju merupakan wujud dari tamadun

-          Peradaban di dunia ini tentu saja berkembang secara bertahab.

-          Tamadun berasal dari kata Madina/ Maddsana  yang bermakna kota/Bandar yang berisikan peradaban.

 

Jatidiri  melayu

-          Seseorang melayu mesti beragama islam,berbahasa melayu dan mengikut budaya melayu(artinya sempit/luas-Malaysia).

-          Kepulauan melayu yang meliputi negara-negara indonesia,Malaysia,dan Afrika selatan,dan Brunei,dan Filipina,bukan itu saja,juga ia meliputi Thailand selatan, Timor leste,malah,maupun Papua New Guenia.

-          Begitu juga melayu dari sri lanka,Madgasar,Suriname,dan Afrika selatan.Mereka adalah melayu tetapi  tentunya tanah mereka bukan sebagian dari kepulauan melayu.

 

Jatidiri Melayu

-          Apa tanda melayu jati

-          Bekerja keras dimana pun jadi

-          Apa tanda melayu jati

-          Bekerja tekun sampai kemati

-          Apa tanda melayu jati

-          Beragama islam hidup dan mati

-          Islam melekat di dalam hati

-          Dengan islam dia berseba

 

KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT MELAYU

 

Menurut kaidah,para pemimpin adalah manusia-manusia super lebih dari pada yang lain,kuat gigih,dan tahu segala sesuatu.Para pemimpin juga meripakan manusia-manusia yang jumalahnya sedikit,namun peranya dalam sesuatu komunitas(negara) merupakan penentu penghasilan dan suksesnya tujuan yang hendak dicapai.Banyak pemikir yang telah mengkaji dan menjelaskan apa definisi dari kepemimpinan.

 

Teori  Kepemimpinan

a.       Teori Kontingenerasi (contigency Theory)

Teori-teori kontingensi berasumsi bahwa berbagai pola perilaku pemimpin atau ciri dibutuhkan dan dalam berbagai situasi berbagi efektifitaskepemimpinan.

b.       Trait Theory

Teori ini mendasarkan pentingnya karakteristik dari seseorang pemimpin baik dari sisi kebaikan maupun keburukan.

c.       Behaviour Theory

Adanya idikasi keterbatasan peramalan efektivitas kepemimpinan melalui trait theory,para peneliti mulai mengembangkan pemikiran untuk meneliti perilaku pemimpin sebagai cara untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan.

d.       Kepemimpinan Kharismatik

Merupakan sebuah atribusi yang bersal dari proses interaktif antara kepemimpin dan para pengikut.

e.       Kepemimpinan Transformasional

Pemimpin pentransformasi (transforming leaders) menimbulkan kesadaran para pengikut dengan mengarahkannya kepada nilai-nilai moral yang lebih tinggi .

 

 

PENDIDKAN BUDAYA MELAYU KEARIFAN LOKAL DAN PANTANG LARANG MASYARAKAT MELAYU

A.     Pengertian Kearifan local dan Adat Pantang Larang Masyarakat Melayu

Merupakan kecerdasan manusia yang dimiliki oleh kelompok etnis tertentu yang diperoleh melalui pengalaman masyarakat.

1.       Lampu Colok

2.       Tradisi Batobo Moncokou

3.       Koba

4.       Pacu Jalur

B.      Pengertian Adat Pantang Larang Masyarakat melayu

Pantang larang merupakan segala sesuatu yang dilarang jika ada yang melanggar nya maka akan mendapat keburukan  bagi si pelaku.

*Mengklafikasikan pantang larang menjadi 5 bagian,yaitu:

-          Berkaitan dengan keselamatan jiwa

-          Berkaitan dengan waktu

-          Berkaitan dengan tempat

-          Berkaitan dengan jenis kelamin

-          Berkaitan dengan pekerjaan dan aktivitas

*Mengklafikasikan pantang larang menjadi:

-          Pantang larang di dalam hutan

-          Pantang larang bagi anak-anak

-          Pantang larang di sungai

-          Pantang larang ketika duduk

-          Pantang larang ketika makan

-          Pantang larang bagi laki-laki

-          Pantang larang bagi perempuan

1.       Pantang larang bagi bayi

-          Berkata bahwa bayi itu gemuk

-          Mencium ubun-ubun kepala bayi ketika tidur

2.       Pantang larang bagi anak-anak

-          Bermain senja hari (maghrib)

-          Memetik buah disenja hari (maghrib)

3.       Pantang larang bagi perempuan

-          Bernyanyi ketika masak

-          Menjahit baju yang sedang dipakai

4.       Pantang larang bagi laki-laki

-          Membuat pintu rumah menghadap ke jalan raya

-          Tidur di tenggah lapang

5.       Pantang Larang ketika akan menikah

-          Melihat cermin ketika dirias

-           Keluar Rumah

 

 

TRADISI BELE KAMPONG

A.     Pengertian Bele Kampong

Bele Kampung merupakan salah satu ritual yang terdapat di Desa kelumu kabupaten Lingga.Tradisi ini sudah dilaksanakan sejak zaman dahulu.Pelaksanaan bele kampong dilakukan pada setiap 15 hari bulan Muharam.Cara bele kampong diharapkan agar kampong terhindar dari segala bencana,marabahaya,dan terhindar dari berbagai wabah penyakit.Selain itu agar diberikan limpahan rezeki bagi seluruh warga kampung.

Pada pagi hari dilakukan ritual bele laut dan seterusnya selepas zuhur dilakuan ritual di rembok bekas masjid lama yang berada di hulu kampung.Selepas bele kampung selama tiga hari dilakukan pantanagan untuk masyarakat lewat jalan laut,sekiranya ada orang luar masuk,akan dikenakan denda membayar sedikit uang untuk membuat bubur santapan selepas doa selamat.Pantangan lainya dilarang mengambil baru atau pasir,mencangkul tanah,menebang kayu,memetik daun,bersiul,membunuh makhluk hidup dan menangkap hasil laut.

·         Makna beras putih melambagkan kebersihatan hati,kesejahteraan dan kemakmuran

·         Beras kunyit melambangkan kemuliaan,kesembuhan dan cita-cita mulia

·         Bereteh melambangkan kesuburan dan kemajuan

·         Bendera maknanya sebagai penanda di tempat tersebut sedang terjadi proses bele kampung

·         Bakek maknanya memberi semangat dan berserah diri

·         Kapur maknanya kebersihan dan kesucian hati

·         Gambir maknanya keberkatan dan penawar

·         Bubur lemak maknanya kelembutan mupakat.

·         Mangkok (wadah) maknanya menghimpun.

 

SEJARAH LEMBAGA ADAT MELAYU

A.     Sejarah Lembaga Adat Melayu

Keadaan kebudayaan Melayu Riau yang terpingirkan dan masih belum mendapatkan sambutan yang baik dari pemerintah menimbulkan keperihatinan kebudayaan Riau.Penolakan dari staf gbernur Riau merebutkan tamu penting menggunakan budaya dan kesenian Melayu adalah contohnya.Jika tidak dilakukan suatu gerakan untuk pelestarikan,budaya Melayu di khawatirlkan akan secara mengalami kemunduran.Tokoh-tokoh budayawan Riau seperti O.K.Nizami Jamil dan Tenas Effendi kemudian berusaha untuk membentuk sesuatu wadah perjuangan khusus untuk kebudayaan Melayu.

B.      Fungsi Dan Peran Lembaga Adat Melayu Riau

1.peran lAM secara Pragmitis.

Melakukan kegiatan-kegiatan pragmitis atau meresponkan terhadap permasalahan yang menjadi sorotan publik.Beberapa pihak sejati ini bukanlah menjadi masalah lAM Riau todak keluar dari substansinya sebagai lembaga adat.

2.Peran LAM Riau secara substansi

Secara substansi lAM Riau berperan mengimplementasikan fungsi nya sebagai lembaga mengali,membina budaya Melayu Riau.LAM Riau ikut melaksanakan beberapa kegiatan yang menjadi ini dari LAM Riau.

C.      Struktur Organisasi LAM Riau

1.LAM Riau Provinsi  dan LaM Riau Kabupaten/ Kota

* Dewan kehormatan Adat (DkA),berfungsi sebagai penasehat

* Majlis kerapatan Adat (MKA),berfungsi mengawal dan menetapkan hukum dan mengawal atura-aturan adat,termasuk anungrah dan gelar adat.MKA LAMR provinsi terdiri dari tokoh adat,ulama,ilmuan /cendekiawan ,dan kebudayawan Melayu Riau,serta seluruh ketua MKA LAMR kabupaten /kota.

* Dewan pemimpinan Harian (DPH),berfungsi dan menjalankan roda kelembagaan sehari-hari,mengawal dan menjalankan ketetapan-ketetapanhukum / aturan-aturan,serta petuah-petuah adat budaya yang dihasilkan oleh MKA.

2. LAM Riau kawasan/Rantau/kenegerian/kepenghuluan/pebatinan lembaga adat ini berkedudukan di ibukota  kecamatan.

3. LAM Riau kenegerian/kepenghuluan/pebatinan/Desa dan yang disebut dengan nama lain.

Lembga adat ini berkedudukan di Desa /kepenghuluan.LAM Riau di peringat ini biasanya disebut Lembga kerapan Adat (LKA),dan diuruskan langsung oleh Datuk-datuk /Nini Mamak/Batin setempat selaku pemilik anak-kemanak.

D.     Faktor penghabat pelaksanaan LAM Riau

1.       Faktor internal

Faktor penghambat itu berasal dari LAM Riau sendiri.fungsinya di tengah-tengah masyarakat Riau.Kepentingan individu yang ada dalam LAM Riau menjadi permasalahan sendri di LAM.

2.       Faktor penghambat dari luar lebih dominan di pengaruhi oleh anggaran,anggaran yang di dapat LAM Riau di anggap oleh pengurus belum cukup untuk LAM yang berperan lebih dan semestinya di tengah-tengah masyarakat Riau.

 

PRESEPSI PERNIKAHAN ORANG MELAYU

 

A.     MERISIK

Merisik berasal dari kata “risik” yang berarti “menyelidiki”. Ini artinya, sebelum adanya suatu perkawinan, penyelidikan terhadap seorang gadis perlu dilakukan oleh pihak keluarga laki-laki untuk menilai dan sekaligus menentukan apakah gadis tersebut layak menjadi menantu atau tidak. Orang tersebut oleh masyarakat setempat disebut sebagai tukang perisik. Tugasnya adalah mencermati secara diam-diam wajah atau rupa dan segala tingkah laku Si gadis. Untuk itu, tukang perisik mesti datang bertamu ke rumahnya.

Tujuannya antara lain ialah:

a. Mencegah adanya kekeliruan pada masa akan datang. Seperti calon itu masih belum dipinang orang ataupun pernah berpunya (janda dll).

b. Dapat mengetahui tentang nasab keturunan dari sang bakal pengantin. Sehingga mengetahui yang boleh dinikahi atau haram dinikahi.

c. Dapat mencegah penyakit keturunan yang akan diwarisi oleh dan dari bakal pengantin tersebut

Mengantar belanja

 

B. MENGANTAR BELANJA

 

Mengantar  belanja (hantaran keperluan pesta pernikahan) dalam tahap ini pihak laki-lakikembali datang kerumah keluarga si gadis. Dal antar belanja keperluan pesta pernikahan biasanya ditentukan atas permintaan keluarga pihak perempuan. Sejumlah uang yang dibentuk sedemikian rupa dibawa beserta pengiringnya seperti seperangkat pakaian dan benda-benda yang disenangi sang gadis.

Menurut kebiasaannya barabg-barang antaran ini disamping sejumlah uang juga disertakan barang-barang seperti :

a. Sepesalin bahan Pakaian kebaya dari Tenunan Siak atau lebih.

b. Sepesalin bahan pakaina kebaya dari jenis kain lainnya atau lebih.

c. Bahana keperluan sholat.

d. Tas tangan, selop (sandal), sepatu.

e. Handuk mandi.

f. Selimut

g. Bahan untuk berhias.

h. Bunga rampai secukupnya

i. Pakaian dalam

j. Bahkan ada yang menyerahkan seperangkat peralatan tidur komplit.

k. Bunga rampai secukupnya.

 

C. AQAD NIKAH

 

Akad nikah adalah salah satu rangkaian dari proses perkawinan yang paling utama; sebab dengan dilaksanakannya akad nikah sepasang muda-mudi telah resmi menjadi suami-isteri. Tempatnya biasanya di depan pelaminan.. Di situlah sepasang calon pengantin duduk berhadapan dengan seorang Kahdi dan dua orang saksi di atas bunta. Tidak jauh dari tempat itu biasanya ada dua batang lilin yang diletakkan pada sebuah wadah yang terbuat dari tembaga.

Sebelum akad nikah berlangsung, Kahdi meminta calon pengantin laki-laki untuk mengucapkan kalimat istighfar 3 kali, syahadat 3 kali, dan salawat kepada Nabi Muhammad Saw. Selain itu, Kahdi mengajarkan lafadz ijab kabul agar  dalam akad nikah yang sebentar lagi akan dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

 

Asimilasi Budaya Melayu Dengan Dunia Luar

A.     PENGERTIAN ASIMILASI

Asimilasi budaya adalah: penggabungan dua kebudayaan dua kebudayaan yang menyebabkan hilangnya karakteristik kebudayaan aslinya sehingga menimbulkan satu kebudayaan baru. Asimilasi budaya juga bisa dikatakan sebagai bentuk-bentuk perubahan sosial.suatu asimilasi budaya biasanya ditandai dengan usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan-perbedaan antara satu individu atau kelompok.didalam proses asimilasi budaya terdapat usaha untuk mempererat kesatuan prilaku,sikap dan juga perasaan dengan cara lebih memperhatikan tujuan dan kepentingan bersama.

Hasil dari sebuah proses asimilasi budaya adalah semakin berkurangnya batas-batas perbedaan antara individu satu dengan individu lainnya dan juga hilangnya perbedaan antara satu kelompok dan kelompok lainnya. Selanjutnya hasil dari asimilasi budaya ini menyebabkan satu individu harus menyesuaikan keinginan pribadi dengan keinginan kelompok.hal ini juga berlaku terhadap kelompok,dimana satu kelompok harus menyesuaikan dengan kelompok yang lainnya.

 

B.      SYARAT TERJADINYA ASIMILASI

Asimilasi budaya ini dapat terbentuk jika terdapat beberapa persyaratan atau faktor antara lain:.

a.       adanya dua atau lebih kelompok yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda.

b.       Adanya pergaulan atau interaksi sosial antara individu satu dengan yang lainnya dan juga kelompok yang lainnya dalam masa yang relatif lama.

c.       Adanya perubahaan dan penyesuaian kebudayaan dari masing-masing kelompok.

 

C.     Faktor Penghambat Atau Penghalang Terjadinya Asimilasi Budaya

Adapun faktor-faktor yang menghambat atau menghalangi terjadinya asimilasi budaya,antara lain:

1.       Kurangnya pengetahuan tentang budaya baru yang dihadapi.

2.       Kekhawatiran masyarakat terhadap budaya baru yang datang.

3.       Perasaan bahwa budaya kelompok tertentu lebih tinggi dari pada budaya lain. Sehingga menimbulkan perasaan lebih tinggi.

4.       Perbedaan ciri fisik yang mencolok seperti warna kulit, tinggi badan dan rambut.

 

D.     Faktor Pendorong Terjadinya Asimilasi Budaya

Adapun faktor-faktor yang mendorong terjadinya asimilasi budaya,antara lain:

1.       faktor toleransi,yaitu: kelakuan saling menerima dan memberi dalam struktur himpunan masyarakat.

2.       faktor kemanfaatan timbal balik,memberi manfaat kepada dua belah pihak.

3.       faktor simpati,pemahaman saling menghargai dan memperlukan pihak lain secara baik

4.       perbedaan budaya,bahasa,agama,suku,ras,dan lain-lain.

5.       sifat sosial manusia yang mendorong antar individu manusia saling berinteraksi.

 

 

E.      Contoh  Asimilasi Budaya Melayu Dengan Dunia Luar

Contoh asimilasi budaya melayu dengan dunia luar contohnya:asimilasi dalam seni tulisan yaitu:kaligrafi yang dibawa pedagang arab masuk keindonesia sehingga banyak ditiru oleh seniman indonesia yang menghasilkan kaligrafi arab-indonesia.contoh lain pada bidang seni bangunan,misalnya mesjid-mesjid tionghoa yang sebelumnya merupakan tempat ibadah orang khonghucu,bentuknya masih seperti bangunan cina namun terdapat kubah diatasnya.dan contoh asimilasi budaya melayu dengan dunia luar diantara nya dalam seni pakaian yaitu:terjadi disaat para da’i dari arab yang menikahi pribumi yang berpakaian kebaya batik tanpa jilbab.hasilnya wanita tersebut berkebaya dan berhijab menutup aurat.

 

F.      Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa asimilasi budaya merupakan:penggabungan dua kebudayaan yang menyebabkan hilangnya karakteristik kebudayaan aslinya sehingga menimbulkan satu kebudayaan baru.hasil dari sebuah proses berkurangnya batas-batas perbedaan antara individu satu dengan individu lainnya dan juga hilangnya hilangnya perbedaan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Asimilasi dapat terbentuk karena beberapa faktor diantara nya:

1.       Adanya dua atau lebih kelompok yang memiliki kebudayaan yang berbeda

2.       Adanya  interaksi sosial antara individu atau kelompok satu dengan yang  lainnya .

3.       Adanya perubahan dan penyesuaian kebudayaan dari masing-masing kelompok.

 

PERMAINAN ORANG MELAYU

A.     Lulu Cina Buta

Lulu Cina Buta Permainan ini diambil dari kata dasar ” buta ” yang berarti tidak dapat melihat . Permainan ini dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan Sekolah Dasar , permainan ini menggunakan alat yang sederhana yaitu cukup dengan selembar sapu tangan . Kemudian membuat batas lingkaran di tanah sebesar garis tengah sekitar 21/2 meter sebagai lapangan bermain . Permainan lulu cina buta paling sedikit diikuti oleh 3 orang anak dan bias pula sampai 6 orang anak jumlahnya.   

B.      CONGKAK

Bahannya terbuat dari kayu dengan bentuk papan yang panjang yang dilubangi sebanyak 14 lubang sebagai anak dan 2lubang sebagai lubang induk,yang terletak diujung kiri dan ujung kanan, cara memainkannya cukup gampang, dimainkan oleh 2 orang dan pemain secara bergantian memainkan buah dengan mengisi lubang, tiap lubang diisi dan pemenangnya adalah yang berhasil mengisi buah terbanyak dilubang induk. Permainan di dulunyA dimainkan oleh anak raja, permainan ini dapat dijumpi dihampir seluruh wilayah Riau.

 

 

 

C.     GASING

Gasing dibuat dari kayu , kayu tersebut dikikis hingga membentuk pipih , tali gasing dibuat dari kulit kayu.. Tali Gasing umumnya memiliki panjang 1meter. Gasing dimainkan dengan 2 cara, cara pertama disebut Gasing Pangkah , yaitu dimainkan dengan melemparkannya supaya mengetuk gasing lawan, sedangkan Gasing Uri dipertandingkan dengan menguji ketahanan gasing berputar. Di Riau gasing dapat dijumpai di semua kabupaten dan kota, terutama di tempat yang memiliki banyak hutan/kayu.

 

D.     LAYANG-LAYANG

Layang layang dibuat dari bilah bambu sebagai rangka, kemudian rangka diikat menggunakan tali atau benang kemudian rangka layang dibungkus dengan kertas atau parasut dan parasut atau kertas tadi dilukis agar kelihatan indah. Layang ini dapat dijumpai di seluruh wilayah Provinsi Riau.

 

 

E.      TARIK TAMBANG

Permainan Tarik Tambang  dimainkan  oleh dua regu, dua regu bertanding dari sisi berlawanan dan semua anggota dri dua regu memegang erat sebuah tambang (tali), ditengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Masing-masing regu berusaha menarik tali tambang sekuat mungkin agar regu lawan dapat melewati garis pembatas, regu yang tertarik dan melewati garis pembatas dinyatakan kalah.bTaktik permainan terletak pada penempatan pemain, kekuatan tarik dan pertahanan tunpuan kaki ditanah

 

F.      Petak Umpet

Petak umpet adalah sejenis permainan yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang, namun jika semakin banyak akan semakin seru.

 

G.     Kelereng

Kelereng dengan berbagai sinonim gundu, keneker, kelici, guli adalah bola kecil dibuat dari tanah liat, marmer atau kaca untuk permainan anak-anak. Ukuran kelereng sangat bermacam-macam. Umumnya ½ inci (1.25 cm) dari ujung ke ujung. Kelereng kadang-kadang dikoleksi, untuk tujuan nostalgia dan warnanya yang estetik.

 

islam dan peradaban melayu dan unsur-unsur budaya

A. Sejarah Islam Di Indonesi

            Islam datang dikawasan Melayu  diperkirakan pada sekitar abad ke-7. Kemudian mengalami perkembangan secara intensif dan mengislamisasi masyarakat secara optimal yang diperkirakan terjadi pada abad ke-13 M. SAwal kedatangannya diduga akibat hubungan dagang antara pedagang-pedagang Arab dari Timur Tengah (seperti Mesir, Yaman, atau Teluk Persia) atau dari daerah sekitar India (seperti Gujarat, Malabar, dan Bangladesh), dengan kerajaan-kerajaan di Nusantara, semacam Sriwijaya di Sumatra atau dengan di Maja Pahit di Jawa.

            Sebelum islam datang ke tanah Melayu, orang-orang Melayu adalah penganut annimisme, hinduisme, dan budhisme. Namun demikian, sejak kedatangannya Islam secara berangsur-angsur mulai meyakini dan diterima sebagai agama baru oleh masyarakat Melayu Nusantara. Proses islamisasi di Nusantara tidak dapat dilepaskan dari peranan kerajaan Islam. Berawal ketika Raja setempat memeluk Islam, selanjutnya diikuti para pembesar istana, kaum bangsawan dan kemudian rakyat jelata.

B.      Awal Terbentuknya Komunitas Muslim Dikawasan Melayu

Sebelum kesultanan demak lahir, penyebaran agama islam dijawa sudah dilakukan baik dari orang asing maupun bumi putera sendiri. Ada pun cara-cara penyebaran yang dilakukan antara lain melalui pernikahan dengan wanita setempat, dakwah, pendidikan, dan kesenian. Sebagai penyebaran agama islam, beberapa antaranya tergolong dalam wali songo, penyebaran agama islam juga ditunjukan kepulau-pulau lain, seperti maluku, lombok, kalimantan, dan sulawesi, penyebaran tersebut dipelopori oleh para ulama, termasuk wali song, dan mendapatkan dukungan dari para penguasa.

C. Masuknya Islam diwilayah Melayu

Sebenarnya yang disebut melayu bukanlah suau komunitas etnik atau suku bangsa. Namun dalam hal ini masyarakat merupakan kumpulan etnik-etnik serumpun yang menganut agama yang sama dengan menggunakan bahasa yang sama. Etnik-etnik serumpun yang lain pada umumnya menempati suatu daerah tertentu. Dimanapun berada bahasa dan agama mereka sama, melayu dan islam. kepulauan melayu merupakan gerbang masuk terdapat bagi pelayaran ketimur. Karna itu tidak heran jika kerajaan-kerajaan islam awal seperti samudra pasai.

D.    Awal Terbentuknya Entitas Politik Muslim di Kawasan Melayu

                        Islam masuk keindonesia diperkirakan abad ke-7 atau 8M hal ini dikemukan oleh serjana muslim taufik abdullah. Ketika islamm masih dianut para pedagang timur tengah yang berlayar keindonesia.bersama dengan pedagang ini juga datang para dai dan para sufi sehingga memungkinkan terbentuknya perkampungan muslim, lalu kemudian membentuk struktur pemerintahan dengan mengangkat kepala suku gampun samudra menjadi raja sultan malik as-sholeh.pada abad ke-13 setelah kehancuran baghdad islam masuk secara besar-besaran dan mempunyai kekuatan politik dengan berdirinya kerajaan samudra pasai.

E.      Nilai budaya masyarakat melayu

      Usaha dalam menghidupkan kebudaya melayu akhir-akhir ini berlangsung cukup marak.berbagai kegiatan dalam usaha menghidupkan kebudayaan melayu kerap kali dilakukan,mulai dari pernebitan buku, festival.sampai pemberian penghargaan dalam memajukan kebudayaan. Semua itu jelas menunjukan adanya kesadaran generasi melayu akan kebesaran kebudayaan mereka dan pentingnya menjaga kesinambungan kebudayaan melayu itu sendiri kini dan esok, bahkan juga memajukannya sampai pada tingkat yang membanggakan, seperti yang telah dicapai kebudayaan melayu pada masa lampau. 

Adat Istiadat, Cara Berpakaian, Dan Tata Krama

1.       ADAT SEBENAR ADAT

"adat sebenar adat" adalah prinsip adat Melayu yang tidak dapat diubah-ubah.

Menurut Tenas Effendi (2004:61) adat yang sebenar adat adalah inti adat yang berdasar kepada ajaran agama Islam.

 Adat inilah yang tidak boleh dianjak-alih, diubah, dan ditukar.

Dalam ungkapan adat dikatakan, dianjak layu, diumbat mati; bila diunjuk ia membunuh, bila dialih ia membinasakan.

2.       ADAT YANG DIADATKAN

adat yang diadatkan adalah semua ketentuan adat-istiadat yang dilakukan atas dasar musyawarah dan mufakat serta tidak menyimpang dari adat sebenar adat.

 Adat ini dapat berubah sesuai dengan perubahan zaman dan perkembangan masyarakat pendukungnya.

 

 

3.       ADAT YANG TERADAT

Adat yang teradat ini merupakan konsep masyarakat Melayu terhadap kesinambungan dan perubahan, yang merupakan respons terhadap dimensi ruang dan waktu yang dijalani manusia di dunia ini.

"adat yang teradat" ini pun dapat berubah sesuai dengan nilai-nilai baru yang berkembang.

4.       ADAT ISTIADAT

Adat istiadat adalah kumpulan dari berbagai kebiasaan, yang lebih banyak diartikan tertuju kepada upacara khusus seperti adat: perkawinan, penobatan raja, dan pemakaman raja.

 

NILAI-NILAI ADAT

ü  Nilai keterbukaan

ü  Nilai keislaman

ü  Nilai keturunan bersama

ü  Nilai etika dan moral

ü  Nilai kebersamaan

ü  Nilai cita-cita bersama

ü  Nilai kekuasaan dan martabat

ü  Nilai mussyawarah

CARA BERPAKAIAN

Bagi orang melayu, pakaian selain berfungsi sebagai penutup aurat dan pelindung tubuh dari panas dan dingin, juga menyerlahkan lambang-lambang. lambang-lambang itu mewujudkan nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya.

 

¡  Pakaian Tradisional Melayu Riau

                       

                        Pakaian baju Melayu Riau secara tradisional tempo dulu dapat dibagi antara lain sebagai berikut: Pakaian harian, Pakaian resmi dan setengah resmi, Pakaian upacara adat, Pakaian upacara perkawinan, dan Pakaian upacara keagamaan.

 

Pakaian resmi dan setengah resmi

¡  Bentuk pakaian setengah resmi bagi kaum laki-laki adalah baju kurung Cekak Musang harus dilengkapi dengan: kopiah, kain samping, sepatu atau capal.

¡   Bentuk pakaian resmi dan setengah resmi kaum perempuan adalah baju kurung Teluk Belanga dan baju Kebaya Laboh. Bahan baju ini dibuat dari bahan sutra, satin atau bahan brokat serta bahan yang bagus lainnya tergantung dengan kemampuan si pemakai.

Tata karma

¡  Tata Krama : Aturan kebiasaan sopan santun yang di laksanakan dengan berprilaku  yang baik dan di senangi oleh orang banyak.

¡  TATA KRAMA Meliputi :

§  Kata-kata yang di sampulkan pada orang lain

§  Perbuatan untuk diri sendiri

§  Perbuatan untuk diri sendiri dan orang lain

§  Perbuatan untuk orang lain


FILSAFAH HIDUP SERTA KEBERADAAN MASYARAKAT MELAYU DI ZAMAN SEKARANG

A. LATAR BELAKANG

            Orang Melayu mengaku identitas kepribadiannya yang utama adalah adat-istiadat Melayu, bahasa Melayu, dan agama Islam. Dengan demikian, seseorang yang mengaku dirinya orang Melayu harus beradat-istiadat Melayu, berbahasa Melayu, dan beragama Islam. Dari tiga ciri utama kepribadian orang Melayu tersebut, yang menjadi pondasi pokok adalah agama Islam, karena agama Islam menjadi sumber adat-istiadat Melayu.

            Oleh karena itu, adat-istiadat Melayu Riau bersendikan syarak dan syarak bersendikan kitabullah. Dalam bahasa Melayu berbagai ungkapan, pepatah, perumpamaan, pantun, syair, dan sebagainya menyiratkan norma sopan-santun dan tata pergaulan orang Melayu.

A. Pengertian Falsafah

            Bermula dari pengertian adalah sebuah atau sesuatu atau bagian dari sejarah bagaimana para tokoh-tokoh filosofi mengaplikasikan falsafah dalam kehidupan sehari-hari mereka. Nama falsafah itu adalah kata arab yang berhubung erat dengan kata yunani, didalam bahasa Arab awalnya memang tidak ada, namun kemudian di jadikan sebagai bahasa arab yaitu Falsafah kemudian menjadi Tashowuf yaitu merupakan satu kesatuan dari falsafah. Adalah pengaruh dari peradaban yunani kuno, dalam bahasaYunani falsafah yaitu Filosofia (Philosophia). Secara terminologis, falsafah mempunyai arti yang berwarna-warna, sebanyak orang yang memberikan pengertian atau batasan. Berikut yang dikemukakan oleh senior falsafah:

         Plato (427 SM – 347 SM). Filosof Yunani yang terkenal, gurunya aristoteles, ia sendiri berguru kepada Socrates. Ia mengatakan bahwa falsafah adalah pengetahuan tentang segala yang ada; ilmu yang berminat untuk mencapai sebuah kebenaran yang asli.

         Aristoteles (381 SM – 322 SM) mengatakan bahwa falsafah adalah ilmu yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu; methafisika, logika, etika, ekonomi, politik, dan estetika.

         Immanuel Kant (1724 M 1804 M) yang sering dijuluki raksasa pemikir Barat, mengatakan bahwa falsafah adalah merupakan ilmu pokok dari segala pengetahuan.

C. Falsafah Hidup Orang Melayu

Masyarakat Melayu itu dalam falsafah hidupnya dapat disimpulkan berlandaskan pada lima dasar, yaitu :

  1. Melayu itu Islam, yang sifatnya universal dan demokratis bermusyawarah.
  2. Melayu itu berbudaya, yang sifatnya nasional dalam bahsa, sastra, tari, pakaian, tersusun dalam tingkah laku, dan lain-lain.
  3. Melayu itu beradat, yang sifatnya regional (kedaerahan)dalam bhineka tunggal ika, dengan tepung tawar, balai pulut kuning dan lain-lain yang mnegikat tua dan muda.
  4. Melayu itu berturai, yaitu tersusun dalam masyarakat yang rukun tertib mengutamakan ketenteraman dan kerukunan, hidup berdampingan dengan harga menghargai timbal balik, bebas tapi terikat dalam masyarakat.
  5. Melayu itu berilmu, artinya pribadi yang diarahkan kepada ilmu pengetahuan dan ilmu kebathinan (agama dan mistik), agar bermarwah dan disegani orang, untuk kebaikan umum.

D. Falsafah Adat Orang Melayu

Falsafah adat orang melayu ada 4 terdiri dari:

a)   Hidup dalam Falsafah Melayu

b)   Kerja dalam Falsafah Melayu

c)   Waktu dalam Falsafah Melayu

d)   Alam dalam Falsafah Melayu

E. Keberadaan Masyarakat Melayu Di Zaman Sekarang

      Nama "Malayu" berasal dari Kerajaan Melayu yang pernah ada di kawasan Sungai Batang Hari, Jambi. Dalam perkembangannya, Kerajaan Melayu akhirnya takluk dan menjadi bawahan Kerajaan Sriwijaya. Pemakaian istilah Melayu-pun meluas hingga ke luar Sumatra, mengikuti teritorial imperium Sriwijaya yang berkembang hingga ke Jawa, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama