KONSEP UMUM TENTANG PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN

 BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Perencanaan adalah pemikiran sebelum pelaksanaan sesuatu tugas. Apabila penyusun cermati secara keseluruhan maka Perencanaan Pengajaran berarti pemikiran tentang penerapan prinsip-prinsip umum mengajar tersebut di dalam pelaksanaan tugas mengajar dalam suatu situasi interaksi guru – murid, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Karena dengan perencanaan itu, maka seseorang guru akan bisa memberikan pelajaran dengan baik, karena ia dapat menghadapi situasi di dalam kelas secara tegas, mantap dan fleksibel.

Karena membuat perencanaan yang baik, maka seorang akan tumbuh menjadi seorang guru yang baik. Seorang bisa menjadi guru yang baik adalah berkat pertumbuhan, berkat pengalaman dan akibat dari hasil belajar yang terus menerus, walaupun faktor bakat ikut pula berpengaruh.

Belajar adalah suatu proses dan aktivitas yang selalu dilakukan dan dialami manusia sejak manusia di dalam kandungan, buaian, tumbuh berkembang dari anak-anak, remaja, sehingga menjadi dewasa sampai keliang lahat, sesuai dengan prinsip pembelajaran sepanjang hayat. Oleh sebab itu, tidak lah heran jika konsep belajar dan pembelajaran perencanaan lah yang dahulu lebih ditekankan kepada istilah mengajar atau pengajaran, yang berfokus pada aktivitas guru (teacher-centered) menuju pembelajaran yang berfokus kepada aktivitas siswa (student-centered). Karena aktivitas mengajar tidak dapat dipisahkan dari aktivitas belajar karena sambil mengajar  pada hakikatnya guru juga belajar.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa Maksud dari Perencanaan Pembelajaran?

2.      Bagaimana Prinsip-prinsip Umum atau Dasar yang Harus Dijadikan Pegangan Guru Dalam Proses Perencanaan Pembelajaran ?

3.      Apa Saja Masalah-masalah Pokok Dalam Perencanaan Pembelajaran ?

4.      Bagaimana Cara Untuk Menyusun Langkah-langkah Perencanaan Pembelajaran?

5.      Apa Saja Macam-macam Perencanaan Pembelajaran itu?

6.      Apa Saja Manfaat dan Pentingnya Perencanaan Pembelajaran?

 

C.    Tujuan Penulisan

1.      Agar Kita Mengetahui Maksud dari Perencanaan Pembelajaran.

2.      Agar Kita Mengetahui Prinsip-prinsip Umum Dalam Proses Perencanaan Pembelajaran.

3.      Agar Kita Mengetahui Masalah-masalah Pokok Dalam Proses Perencanaan Pembelajaran.

4.      Agar Kita Mengetahui Cara Untuk Menyusun Langkah-langkah Perencanaan Pembelajaran.

5.      Agar Kita Mengetahui Apa Saja Macam-macam Perencanaan Pembelajaran.

6.      Agar Kita Mengetahui Apa Saja Manfaat dan Pentingnya Perencanaan Pembelajaran. 


Untuk Selengkapnya Unduh Dibawah ini

DOWNLOAD 




un


U

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama